Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kuliah Lapangan Infrastruktur Perkeretaapian Mahasiswa D-IV Program Studi Perkeretaapian


Jumat, 21 Desember 2018, Para Mahasiswa Prodi D-IV Perkeretaapian melalukan Kuliah lapangan . Mereka mengunjungi Stasiun Besar Madiun DAOP 7 dan Proyek Double Track di Madiun. Para mahasiswa tersebut terdiri dari Kelas A dan Kelas B yang totalnya 40 orang didampingi langsung dengan ketua Kaprodi, Indarto Yuwono, S.T.,M.T. Kuliah lapangan membahas tentang infrastruktur perkeretaapian, dengan pendampingan oleh para pemateri yang terdiri dari Tim Daop 7 Madiun. Kuliah lapangan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk proses pembelajaran dan pendekatan kepada para mahasiswa tentang aktifitas kerja nyata di lingkungan perkeretaapian, sehingga mahasiswa dapat memadukan antara teori dengan praktik atual di lapangan.

Pada kuliah lapangan tersebut diawali dengan safety briefing dan induction, agar para mahasiswa dapat mengetahui dan terbiasa dalam menganalisis potensi kecelakaan kerja di lingkungan tersebut, kemudian setelah briefing dilakukan peninjauan di beberapa unit dan tempat seperti: unit kerja pengatur perjalana kereta, sarana dan prasarana wesel dan persilangan, fasilitas kerja mekanik pemeliharaan dan dipo lokomotif, serta fasilitas pengendali dan pengawas perjalanan kereta api.

Kuliah Lapangan di Daop 7 Madiun

Tujuan kedua adalah tinjauan menuju proyek double track dan jembatan kereta api yang berada di arah barat Stasiun Madiun. Pada setiap spot tempat, para mahasiswa antusias untuk mengamati dan mencari yang informasi terkait dari para pemateri dan juga para Engineer dan Supervisor yang sedang melaksanakan proyek double track tersebut.

Kuliah Lapangan di Proyek Double Track Barat Stasiun Madiun

Kuliah lapangan ini bukan yang pertama kalinya sebab sudah banyak dilakukan kuliah lapangan di lokasi PT INKA madiun. Dengan kuliah lapangan seperti ini mahasiswa dapat langsung praktik dan mengetahui komponenn dan infrastruktur kereta secara langsung. Para mahasiswa dapat lebih bersemangat dalam belajar dan mampu memadukan hasil dari terori yang mereka dapatkan di kelas dengan akutal di lapangan. (bgt)