Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Kuliah Tamu Matakuliah Fisika Terapan Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun Tahun 2021


Webinar Series Fisika Terapan ini adalah webinar yang memiliki tema Competent Innovative Competitive serta memiliki tujuan untuk mengimplementasi keilmuan fisika terapan di beberapa bidang yang terkolerasi dengan perkeretaapian dan menambah wawasan para mahasiswa. Webinar dilaksanakan pada tanggal 7 Maret – 4 April 2021 serta dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom, webinar ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa mata kuliah fisika terapan D4 Perkeretaapian PNM 2021 dan juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari luar jurusan maupun di luar dari kampus PNM itu sendiri serta ikut dihadiri beberapa tamu undangan.

Menurut Alfi Tranggono selaku dosen mata kuliah fisika terapan dan bagian penyelenggara webinar ini ia mengungkap “ kenapa diadakan webinar itu karena  yang pertama  memberi wawasan terkait fisika itu sendiri di beberapa bidang terkhusus di kereta api dan pemateri punya ilmu yang bisa dibagi hingga dapat menambah wawasan mahasiswa dan yang kedua karena pandemi harus melakukan inovasi dan berbeda tetapi menyesuaikan sesuai kondisi pandemi, inti nya ada hal yang baru  untuk para mahasiswa terutama diluar dari dosen pengajarnya sendiri” ungkap Alfi.

 


*Dokumentasi Kegiatan

Alfi juga menjelaskan bahwa webinar ini  dilaksanakan 5 kali dan diisi oleh pemateri yang berbeda setiap minggunya, pelaksanaan webinar yang pertama pada tanggal 7 maret diisi oleh Lutfi Hakim, M.T Dosen Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit mengangkat tema Konsep Fluida di bidang Teknik Mesin, kemudian webinar yang kedua dilaksanakan 13 maret dan dimaterikan oleh Dr. Herlin Pujiarti, M.Si selaku dosen Fakultas Mipa Universitas Negeri Malang dengan materi Kinetika transfer muatan pada Dye Sensitized Solar Cell  dan webinar ketiga dilaksanakan 21 Maret serta di isi oleh pemateri Utiya Hikmash, S.Si,M.T yang merupakan Dosen Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang serta membawakan materi Material dan Kemagnetannya dan webinar ke empat dilaksanakan 28 Maret dan pematerinya ialah Siti Chalimah, S.Si, M.Si yang merupakan Junior Researcher Nanophothonics group National Institute for Materials Science (NIMS) Jepang dengan materi yang disampaikannya adalah Aplikasi Gelombang Elektromagnetik di berbagai Panjang Gelombang / Frekuensi dan webinar yang terakhir di isi oleh Moch. Wisnu Arif Sektiono, S. Si., M. Si. dosen dari D-III Teknik Mesin Kampus PSDKU Politeknik Negeri Malang. Alasan mengapa diisi oleh beberapa dosen dikarenakan dosen-dosen tersebut memiliki ilmu dan wawasan yang dapat dibagikan kepada para mahasiswa dan pemateri juga memiliki pengalaman di bidangnya.

Dan terakhir, harapan dari pelaksanaan webinar ini ialah mahasiswa mendapat wawasan lebih luas mendapat informasi terbaru terkait implementasi mata kuliah fisika terapan secara langsung khususnya di bidang perkeretaapian. (ARP’20)