Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Perkuliahan Magang Industri Mahasiswa Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun Tahun 2021


Program magang dilakukan dengan para mahasiswa bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam bidang keterampilan atau keahlian tertentu. Para mahasiswa telah melaksanakan program magang yang terhitung mulai dari 25 Januari s/d 25 Juni 2021. Mahasiswa perkeretaapian angkatan 2018 terdiri dari 2 kelas di bawah bimbingan dosen Bapak Alfi Tranggono A.S., S.Si, M.T. dan Bapak Yuli Prasetyo, S.T, M.T. dengan jumlah seluruh mahasiswa  ada 40, mereka terbagi kedalam 5 bagian divisi di PT INKA diantaranya ialah Divisi Desain, Divisi Engineer, Divisi Riset & Pengembangan, Divisi Teknologi IMS, dan Divisi Teknologi Produksi IMS. Dan dari divisi mereka akan ditempatkan ke beberapa departement/unit lagi. Kelima divisi tersebut memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing pada proses pembuatan kereta api dalam perusahaan. Sehingga tiap mahasiswa akan memiliki pembebanan tugas serta pengalaman yang berbeda tergantung divisi mana yang mereka dapatkan.

Penjelasan pembimbing perusahaan sebagai referensi mahasiswa magang

Sebelum program magang berlangsung, mahasiswa juga mendapat pengarahan baik dari pihak kampus maupun pembimbing masing-masing divisi. Baik mengenai SOP perusahaan, K3 di lingkungan kerja utamanya saat memasuki factory, fasilitas mahasiswa saat magang, serta protokol kesehatan Covid-19 yang wajib dipatuhi di PT INKA. Apalagi mengingat bahwa program magang dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid-19, sehingga para mahasiswa juga mengikuti mekanisme aturan perusahaan dalam menjalankan tatanan New Normal. Jadwal masuk magang akan menyesuaikan masing-masing pembimbing dari perusahaan dengan menerapkan sistem WFH-WFO terjadwal.

Visit factory PT INKA mahasiswa magang bersama pembimbing perusahaan

Program magang tidak hanya sekedar menjadi sarana dalam memenuhi syarat kelulusan dan mendapat gelar bagi mahasiswa. Tapi lebih dari itu, program magang menjadi pengalaman penting yang didapat sebagai bekal para mahasiswa dalam mempersiapakan diri untuk terjun dalam dunia kerja serta mengoptimalkan potensi diri dengan menerapkan kompetensi yang didapat dibangku perkuliahan dengan praktek langsung di lapangan. (PNV’18)