Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Kemitraan Pengabdian Masyarkat Dosen Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun Tahun 2019


Kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat ini dilaksanakan di Dusun Padangan RT01 RW02, Desa Banjarsari, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitanpada 19-21 Juli2019. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat desa banjasari adalah bertani. Ketua kegiatan PKM, Alfi Tranggono A.S., S.Si., M.T. menjelaskan bahwa pelatihan peningkatan keterampilan dibidang pengelasan (2F) dilatarbelakangi oleh sebagian besar masyarakat dusun padangan yang bermata pencarian sebagai petani. Dimana peralatan pertanian yang digunakan terbuat dari besi dan baja, sehingga perlu ditunjang dengan keterampilan kerja bangku dan dasar pengelasan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas SDM. Sehingga tim dosen Prodi Teknik Perkeretaapian berinisiatif melaksanakan pelatihan peningkatan keterampilan dibidang pengelasan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas, keterampilan, dan inovasi yang dimiliki masyarakat padangan khususnya dalam bidang pengelasan (2F) agar dapat dikembangkan untuk berwirausaha dalam bidang perawatan dan pembuatan inovasi alat-alat pendukung dalam bidang pertanian.

 

 

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dibidang Pengelasan (2F) menggunakan dua metode yaitu teori dan praktek. Pada tahap teori pelatihan pengelasan dasar dilaksanakan dalam ruang sehingga memudahkan peserta untuk memahami proses pembelajaran safety dalam pengelasan dan pemahaman dasar pengelasan. Selain dilakukan penyampaian materi peserta melaksanakan pre-test dan post test tentang materi sehingga dapat diketahu secra langsung tingkat pemahaman peserta terkait pengelasan.

 

Penyampaian materi ruangan pre-test & post test

 

Dalam proses pelatihan pengelasan dasar dibutuhkan sebuah kegiatan pengalaman langsung yaitu berupa praktek pemotongan, penyambungan dan pembersihan hasil las. Dengan metode praktik maka peserta mampu melakukan simulasi dan menerapkan apa yang telah dipelajari dalam teori sehingga dapat menghasilkan produk pengelasan. Sebagai bentuk evaluasi dan capaian kompetensi maka diadakan pelatihan pengelasan dasar 2F untuk menunjang kemampuan yang dapat diaplikasikan langsung dalam kebutuhan dibidang pengelasan.

 

Pelatihan pengelasan dasar 2F

 

Tahap berikutnya berupa pembuatan projek-projek pengelasan berupa tangga lipat dan alat angkut peralatan las dan genset. Dimana proses pembuatan mulai dari awal hingga menjadi sebuah projek jadi dilakukan oleh peserta dengan pendampingan dari tim dosen dan mahasiswa.

Pembuatan projek tangga lipat & alat pengangkut genset

 

Pada tahap akhir dilakukan penghibaan dan serah terima alat pengabdian secara resmi dan terdokumentasi yang berupa genset, safety dan peralatan pengelasan serta projek tangga lipat & alat angkut. Serta dilakukan diskusi untuk membuat suatu struktur yang bertanggung jawab atas pengoperasian dan keberlanjutan pemanfaatan bagi mitra.

 

Hibah safety & peralatan pengelasan

 

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat agar masyarakat binaan dapat mengembangkan potensi diri dan mandiri secara teknologi dalam bidang pengelasan. Keterampilan pada bidang pengelasan diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Selain memberikan keterampilan, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah terwujudnya TRIDHARMA Perguruan Tinggi sehingga keberadaan Politeknik Negeri Madiun dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat yang berada diwilayah karesidenan Madiun. (NRD’18)