Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Kuliah Lapangan di Bidang Perkeretaapian KAI DAOP 7


Kegiatan kuliah lapangan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk proses pembelajaran dan pendekatan kepada para mahasiswa tentang aktifitas kerja nyata di lingkungan perkeretaapian, sehingga mahasiswa dapat memadukan antara teori dengan praktik aktual di lapangan.

Serangkaian kegiatan kuliah lapangan ini diawali dengan safety briefing dan induction, dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengetahui dan terbiasa dalam menganalisis potensi kecelakaan kerja di lingkungan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan di beberapa unit dan tempat yang berada di wilayah PT KAI Daop 7 Kota Madiun seperti: unit kerja pengatur perjalanan kereta, sarana dan prasarana wesel dan persilangan, fasilitas kerja mekanik pemeliharaan dan dipo lokomotif, serta fasilitas pengendali dan pengawas perjalanan kereta api

 

 

Karena bertepatan dengan pembangunan double track di Madiun, maka para peserta kuliah lapangan mendapatkan kesempatan untuk meninjau proyek double track dan jembatan kereta api yang berada di arah barat Stasiun Madiun. Dengan tetap memakai safety yang telah dianjurkan, para mahasiswa antusias untuk mengamati dan mencari informasi terkait dari para pemateri, para Engineer dan Supervisor yang sedang melaksanakan proyek double track tersebut.

Kuliah lapangan ini bukan yang pertama kalinya. Dimana sebelumnya Mahasiswa Program Studi D4 Perkeretaapian angkatan 2018 sudah berkesempatan melakukan kuliah lapangan di lokasi PT INKA Madiun. Dengan kuliah lapangan seperti ini diharapkan mahasiswa dapat memetik beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Menambah pengetahuan peserta kuliah lapangan tentang penerapan ilmu yang telah didapatkan di kampus, seperti aktivitas kerja nyata di lingkungan perkeretaapian.
  2. Terciptanya kekompakan pada angkatan 2018.
  3. Meningkatnya pengetahuan mahasiswa terkhusus bagi peserta sebagai bentuk nyata implementasi ilmu teori kedalam praktik yang sebenarnya.
  4. Terbentuknya kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Serta terciptanya kesadaran mengenai pentingnya K3 dalam dunia kerja sesuai di bidangnya. (KMS ‘18)