Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Metode Perkuliahan Teaching Industry Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun


Konsep dasar teaching industry adalah pemindahan sebagian dari proses pendidikan dan proses industri dalam suatu desain pembelajaran sehingga terselenggara pendidikan berbasis kompetensi yang melahirkan SDM siap dalam menghadapi dalam persaingan global.

Dalam mendukung pelaksanaan teaching industry untuk mahasiswa D4 Perkeretaapian, PT INKA menyediakan space khusus di area lokasi PT INKA. Dimana terdapat dua laboratorium, satu kelas untuk KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), serta satu ruang dosen. Laboratorium tersebut diantaranya adalah laboratorium CAD dan laboratorium elektronika. Tentunnya di dalam setiap ruang tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung serta dosen penanggung jawab di setiap ruangnya.

Laboratorium CAD yang dilengkapi dengan komputer dengan spec memadai untuk menunjang mata kuliah praktikum gambar komponen kereta api sejumlah 24 buah, AC, serta LCD proyektor dengan dosen penanggung jawabnya adalah Bi Asngali, S.ST., M.T. Laboratorium elektronika dengan fasilitas bangku kuliah yang nyaman, LCD proyektor, serta berbagai komponen dan alat praktikum guna menunjang mata kuliah praktikum elektronika ataupun praktikum sensor dan aktuator dengan dosen penanggung jawabnya adalah Wahyu Pribadi, M.T. Adapun ruang kelas yang digunakan untuk KBM sama halnya dengan ruang kelas yang ada di kampus dengan fasilitas meja dan kursi perkuliahan, papn tulis serta LCD proyektor.

Teaching Industry yang merupakan bagian dari kurikulum D4 Perkeretaapian ini pada penerapannya dilaksanakan setiap minggu sesuai dengan jadwal mata kuliah prodi. Tak hanya menyediakan sarana dan prasarana, PT INKA juga mengerahkan karyawannya yang ahli dibidangnya untuk menjadi dosen program studi D4 Perkeretaapian. Harapannya dengan adanya metode teaching industry tersebut dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten dengan menghasilkan produk yang berkualitas. (KMS ‘18)