Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Pelatihan Retooling Dosen Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun Tahun 2019


Program Retooling Kompetensi Dosen Vokasi bidang Railway Engineering Technology CREEC di China

 

Program retooling gelombang kedua ini dilaksanakan pada 13 Juni 2019 hingga 2 Juli 2019. Dengan perwakilan 4 dosen pengajar dari PNM yaitu, Alfi Tranggono, S.T., M.T., Yuli Prasetyo S.T., M.T., Agus Susanto, S.Pd., M.T., dan Achmad Amirudin, S.T., M.T.. Dengan kegiatan yang sama seperti gelombang sebelumnya yaitu, Perkuliahan di Kelas (Class Lectures), Studi Lapangan (Site Visits), dan Studi Budaya (Cultural Visits).

 

Dalam kegiatan Class Lectures, para peserta dari program ini diberikan informasi dan materi terkait detail dari industri perkeretaapian. Mulai dari Teknologi Perkeretaapian, Desain serta Perencanaan Sarana dan Prasarana Perkeretaapian, Kondisi Perkeretaapian di Berbagai Negara, Sistem Keuangan Proyek Perkeretaapian, hingga Sistem Manajemen Operasi Perkeretaapian di China, serta masih banyak materi lainnya.


Suasana saat Class Lectures mengenai Kondisi Perkeretaapian di Berbagai Negara

 


Suasana saat Class Lectures mengenai Sistem Manajemen Operasi Perkeretaapian di China

 

Pada kegiatan Site Visits, para peserta diajak secara langsung untuk melihat, mengetahui, dan memahami kondisi lapangan di bidang perkeretaapian secara riil. Dalam kegiatan ini, panitia penyelenggara mengajak peserta ke beberapa tempat diantaranya yaitu, Kantor dari CREEC (CREEC Chengdu Office), Perusahaan CRRC Ziyang (CRRC Ziyang Co., Ltd), Stasiun Kereta Api antar Kota Chongqing (Chongqing Rail Transit Urban Station), dan Perguruan Tinggi Teknisi Chengdu (Chengdu Technician College). Selain mengajak ke beberapa tempat, panitia penyelenggara juga mengajak peserta untuk menggunakan beberapa fasilitas kereta api

 

yang ada di China diantaranya yaitu, menggunakan kereta api cepat dari Stasiun Kereta Api Chongqing hingga Stasiun Kereta Api Chengdu serta menggunakan Monorail untuk mengelilingi kota Chongqing.


Suasana saat Site Visits di Perguruan Tinggi Teknisi Chengdu

 

Selain kegiatan Class Lectures dan Site Visits juga terdapat kegiatan lainnya yaitu, Cultural Visits. Pada kegiatan ini, panitia penyelenggara mengharapkan peserta tidak hanya mengetahui dan memahami terkait perkeretaapian saja. Akan tetapi para peserta juga mengetahui terkait kultur yang ada di negara tersebut.

 

Diharapkan dengan pelaksanaan Program Retooling Kompetensi Dosen Vokasi bidang Railway Engineering Technology CREEC di China ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen pengajar serta dapat mengimplementasikan ilmu yang telah didapat dalam proses pengajaran terhadap Mahasiswa Perkeretaapian PNM. (NJS’19)