Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Pelatihan Retooling Dosen Prodi Perkeretaapian Politeknik Negeri Madiun Tahun 2018


Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan memiliki daya saing internasional melalui pendidikan tinggi vokasi khususnya di Politeknik Negeri Madiun, maka kualitas dosen perguruan tinggi yang dimaksut harus terus ditingkatkan. Peningkatan kualitas dosen tersebut salah satunya adalah dengan mengikuti program beasiswa Retooling untuk revitalisasi pendidikan tinggi vokasi pada Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

 Beberapa Dosen yang terpilih untuk melaksanakan kegiatan ini diantaranya :

  1. Nur Asyik Hidayatullah, S.T., M.Eng
  2. Mohammad Erik Echsony, S.ST., M.T
  3. Indarto Yuwono , S.T., M.T
  4. Wahyu Pribadi, S.S.T., M.T

Kegiatan Retooling di bidang Railway Engineering Technology (RET) dilaksanakan di China Railway Engineering Eryuan Corporation. Co. Ltd (CREEC) yang beralamat di No. 3 Tongjin Road, Chengdu, Sichuan, China. Kegiatan Retooling bidang RET meliputi beberapa kegiatan yaitu: 

  1. Perkuliahan di kelas

Dilaksanakan dengan melakukan kegiatan perkuliahan selama 3 minggu membahas tentang Modernization of Railway Signal System.

  1. Site Visit (studi lapangan)

Site visit merupakan kunjungan ke lapangan dengan tujuan peserta Retooling dapat melihat langsung teknologi perkeretapaian di China.

 

Kunjungan ke stasiun metro kereta listrik di Tianfu Square

 

 

Kunjungan ke CRRC – China Railway Rolling Stock Company Meishandong

Kegiatan Reetoling ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam melakukan proses pembelajaran di bidang Teknologi Perkeretaapian terutama berperan dalam penerapan riset dibidang kereta api cepat, dapat mendukung Politeknik Negeri Madiun dalam upaya menciptakan SDM yang berkompetensi dan tersertifikasi di bidang teknologi perkeretaaapian, serta dapat mendukung penelitian terapan yang akan dilakukan peserta Retooling dalam merancang teknologi perkeretaapian dan berkolaborasi dengan beberapa program studi yang ada di perguruan tinggi asal. (ARY’19)