Phone: (0351) 452970

Email: sekretariat@pnm.ac.id

Kalender Akademik

Pengabdian Masyarakat Solusi atas Masalah Budidaya Udang Vanami Litopenaues Vannamei di Desa Pendowo Limo Berdasarkan Tinjauan Teknologi


Usaha udang vanami (Litopenaues Vannamei) mempunyai prospek yang cukup besar, didalam maupun luar negeri, bahkah pemerintah Indonesia berencana untuk meningkatkan produksi udang. Desa Pendowo Limo, Lamongan merupakan salah satu daerah penghasil udang vanami dalam skala kecil sampai menengah. Di desa ini terdapat kurang lebih 22% dari total penduduk desa 2915 jiwa yang bermata pencaharian sebagai petani udang vanami dengan komoditi 200 ton/ha/m2. Namun mereka mempunyai permasalah dalam tinjauan teknologi yaitu masalah pakan udang yang memerlukan sentuhan teknologi. Saat ini pakan diusahakan dari sisa rumah tangga, misalnya nasi sisa dicampur dengan bekatul. Hal ini dilakukan karena pakan buatan pabrik yaitu pellet sangat mahal, padahal dana usaha petani sangat minim. Selain itu, penggunaan mesin pompa diesel-solar yang kurang efektif. Mesin pompa diesel merupakan hal yang wajib ada bagi setiap petani udang di desa. Penggunaan bahan bakar minyak solar untuk mesin pompa (diesel-solar) dapat menimbulkan masalah pencemaran air pada tambak yang dapat meracuni udang.

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan sosialisasi pembuatan mesin pencetak pakan udang, pelatihan pembuatan pakan udang dan pembuatan konversi dari diesel-solar menjadi diesel-LPG (Liquid Petroleum Gas) untuk mereduksi masalah kesulitan mendapatkan solar sebagai bahan bakar pompa diesel selain lebih hemat, efisien dan ramah lingkungan. Dari hasil pengabdian ini, didapat bahwa kegiatan-kegiatan pada program ini mempunyai dampak ekonomi dan dampak sosial terhadap masyarakat setempat. Dampak ekonomi adalah berupa penghematan pengeluaran bahan bakar untuk budidaya udang yang mencapai rata-rata presentase penghematan penggunaan solar mencapai 51%. Sedangkan dampak sosial kegiatan adalah penggunaan diesel berbahan bakar solar-LPG dapar menurunkan emisi gas buang dan penurunan penggunaan solar sehingga aman bagi udang vanami.

Pembaca selanjutnya dapat mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dalam dokumentasi video pada link berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=3kcBzEA7j2E dan berita cetak pada RADAR MADIUN yang terbit pada Tanggal 31 Agustus 2020.